Visi, Misi dan Tujuan SD Al-Fursan

Visi

Dalam penyelenggaraan lembaga pendidikan, Yayasan Al Fursan Al Islamiyah memiliki visi: “Menjadi lembaga pendidikan profesional yang mampu mewujudkan lulusan dengan prestasi akademik unggul, mampu berbahasa Arab (aktif) dan memiliki hafalan al-Qur’an, beraqidah dan berakhlak sesuai al-Quran dan as Sunnah dengan pemahaman ahlus sunnah wal jamaah (salaful ummah), serta memperhatikan tahapan tumbuh kembang peserta didik, khususnya aspek fisik, bahasa, kecerdasan, dan kematangan sosial emosi. (dikembangkan melalui layanan pendidikan yang patut, terencana, komprehensif, kompetitif dan antisipatif terhadap perkembangan zaman).

Misi

  1. Mengembangkan lembaga pendidikan dengan pelayanan prima, berkualitas, berkarakter, berstandar manajemen mutu dan profesional.
  2. Menerapkan proses pembelajaran dengan pendekatan model sentra, yang memberi perhatian besar terhadap tahapan tumbuh kembang peserta didik, khususnya aspek fisik, bahasa, kecerdasan beragam, dan kematangan sosial emosi.
  3. Mencetak para huffazh al Qur’an, dengan fondasi pengajaran Al Qur’an khususnya dalam hal membaca dan menghafal Al Qur’an sesuai kaidah yang benar.
  4. Mengembangkan pendidikan yang berbasis bahasa Arab, serta proses pendidikan yang berorientasi masa depan dan mampu bersaing dalam dunia global.
  5. Mengarahkan potensi peserta didik sehingga memiliki prestasi belajar, dan Internalisasi nilai-nilai karakter mulia, yang adaptif terhadap perkembangan zaman.
  6. Mengajarkan ilmu syar’iyyah Aqidah-Tauhid, Akhlak, Fiqh, Ulumul-Quran, Hadits, dan Sirah Nabawiyah/ Tarikh sesuai dengan pemahaman Ahlus sunnah wal jamaah, serta membekali siswa tentang pola pikir serta tatacara ibadah yang baik dan benar.
  7. Mengembangkan ilmu matematika dan sains dengan memanfaatkan teknologi modern, melalui proses pembelajaran dengan pendekatan scientific yang terintegrasi pada keterampilan proses dan metode ilmiah.
  8. Membekali siswa dengan keterampilan enterpreneur, lifeskill, leadership dan kemampuan problem solving.

Tujuan

Tujuan pendidikan SD Al Fursan adalah meletakkan dasar kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut. Merujuk pada tujuan pendidikan dasar tersebut, maka tujuan Sekolah Al Fursan adalah sebagai berikut:

  1. Dapat mengamalkan ajaran agama dan ibadah yang baik dan benar sebagai hasil proses pembelajaran dan kegiatan pembiasaan;
  2. Memiliki kemampuan khusus dan aktif bidang Bahasa Arab, juga hahalan al Quran
  3. Meraih prestasi akademik maupun non akademik minimal tingkat Kota.
  4. Menyiapkan lulusan SD Al Fursan yang berkualitas, baik pada ranah kognitif, afektif maupun psikomotorik sesuai beragam potensi yang dimiliki..
  5. Membantu peserta didik menyiapkan diri pada jenjang pendidikan yang lebih tinggi
  6. Memberikan jaminan pelayanan yang prima dalam berbagai hal untuk mendukung proses belajar dan bekerja yang harmonis
  7. Menguasai dasar-dasar ilmu pengetahuan dan teknologi sebagai bekal untuk melanjutkan ke sekolah yang lebih tinggi;
  8. Menjadi sekolah pelopor dan penggerak di lingkungan masyarakat sekitar;
  9. Menjadi sekolah yang diminati di masyarakat.
  10. Berkembang baik dengan jenjang  pendidikan yang berkelanjutan.

Sasaran Visi-Misi Jangka pendek;

Penataan sarana-prasarana, kurikulum, pemberdayaan SDM, layanan KBM dan persekolahan yang berbasis kesadaran, perbaikan sistem dan kontrol keuangan. 

Sasaran Visi-Misi Jangka Menengah

Peningkatan sarana-prasarana, menjalankan kurikulum sesuai sasaran, penerapan standar kemampuan minimal dalam KBM, meningkatkan kepatuhan anggaran.

Sasaran Visi-Misi Jangka Panjang

  • Sasaran misi 80 % tercapai.
  • Meningkatkan jumlah dan mutu lulusan
  • Kelengkapan sarana prasarana, media, peraga dan alat-alat kependidikan.

Strategi Pencapaian Visi-Misi

Yaitu meliputi bidang-bidang sebagai berikut:

  • Kurikulum dan mutu pendidikan
  • Peningkatan kompetensi SDM
  • Standar penerimaan siswa dan pegawai
  • Target dan standar kelulusan
  • Standar pelayanan, kebersihan, dan perawatan sarana-prasarana
  • Standar proses belajar dan mengajar.
  • Humas (publikasi, promosi, kerjasama)
  • Keuangan dan manajerial pengelolaan